Jumat, 04 Juni 2010

Defenisi Referensi

Istilah referensi berasal dari bahasa inggris yaitu refer to yang artinya to turn to far aid or information “ berpaling atau merujuk kepada suatu untuk bantuan atau informasi “. Dengan demikian yang dimaksud dengan layanan referensi adalah tindakan atau perilaku pustakawan secara terorganisir memberikan bantuan jasa kepada pengguna atau mendapatkan informasi , data dengan menggunakan sumber-sumber informasi referensi untuk keperluan study atau penelitian.

Menurut sulistyi basuki, layanan rujukan adalah jasa yang diberikan perpustakaan kepada pengguna, lazimnya berupa jawaban atas pertanyaan yang di ajukan oleh pengguna(Kosam Rimbawa:2).

Oleh karena itu petugas referensi diharapkan mampu menjawab pertanyaan, memiliki kemampuan menganalisis pertanyaan, karena kadang-kadang pertanyaan yang disampaikan tidak jelas, sedangkan petugas referensi di tuntut mampu menjawab pertanyaan dengan cepat,tepat, dan benar.

Layanan ruukan yang diselengarakan perpsutakaan dengan tujuan utama memberi informasi, petunjuk dan bantuan serta bimbingan kepada pembaca dalam kaitannya pengguna perpustakaan, baik untuk keperluan memperdalam pengetahuan maupun untuk belajar.

Jenis buku yang terdapat pada layanan referensi banyak sekali namun perlu di perhatikan ialah penggunanya atau user, yang harus disesuaikan dengan user tersebut. Buku referensi adalah buku yang isinya disusun dan diolah secara tertentu (misalnya menrut abjad), biasanya dipakai sebagai tempat bertanya, atau mencari informasi, tidak untuk dibaca secara keseluruhan dari awal sampai akhir, misalnya kamus. Seseorang bias membaca dari halaman mana saja.

Menurut informasinya, buku rujukan dapat di bagi menjadi dua kelompok yaitu direct dan indirect. dalam makalah ini penulis akan membahas bahan rujukan yang direct atau memberikan informasi langsung yaitu years book atau buku tahunan termasuk almanac.

Guna mengantisipasi ketidak mampuan masyarakat memiliki bahan perpustakaan yang diperlukannya maka setiap perpustakaan sebagai pengelola saranabelajar mandiri dan lembaga pendidikan seumur hidup (life long education) keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat dan untuk meningkatkan pengetahuan serta memperluas wawasan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar