Jumat, 04 Juni 2010

SEJARAH AACR

SEJARAH AACR (ANGLO AMERICAN CATALOGUING RULES)

AACR muncul dikarenakan banyaknya perbedaan tentang peraturan pembuatan katalogisasi deskripsi yang banyak macamnya, dengan kata lain masing-masing negara di benua amerika, eropa dan asia memiliki perbedaan dalam pedoman katalogisasi deskripsi.

AACR dibuat dalam dua edisi, edisi pertama membahas tentang aturan katalogisasi buku dan dokumen sejenisnya, sedanglkan AACR edua membahas peraturan katalogisasi untuk non buku material atau bahan pustaka selain buku.

Sejarah AACR dimulai pada tahun 1930-an, pada tahun tersebut atuan-aturan baru pengkatalogan diperbaharui. Kemudian pda tahun 1949 diterbitkan dan disiarkan ALA (American Library Association) CODES. ALA pada tahun 1951 mengudang Seymour lubetzky of congres untuk dimintai kesediannya membuat analisis secara umum dalam rangka merevisi ALA CODES yang telah dibuat 1949. pada tahun 1956 lubetzky mulai mengerjakan revisi tersebut. Dan pada tahun 1960 draf revisi diterbitkan dan kemudian dimulainya kerjasama AS dengan inggris dalam pembuatan aturan katalogisasi.

Akhirnya sebagai cikal bakal pembuatanan AACR, pada tahun 1961 diadakan konferensi internasional tentang dasar – dasar katalogisasi yang di adakan di paris atau yang sering disebut paris principles.

DEFENISI AACR ( ANGLO AMERICAN CATALOGUING RULES)

AACR adalah peraturan katalogisasi yang pertama kali hasil kesepakatan antara ALA dan LA (persatuan perpustakaan inggris). Adalain pengertiannya antara lain AACR adalah kode peraturan yang berhubungan dengan gambaran buku dan dokumen lainnya, dan mencatat semuanya dibawah nama pengarangnya, atau dalam ketidak hadiran kepengarangan, dibawah judu-judul tersebut’’’..Sedangkan AACR edisi 2 ( AACR 2) berisi tentang pembuatan deskripsi catalog yang telah disepakati bersama sejak tahun 1988 oleh asosiasi perpustakaan amerika,inggris,kanada dan Negara-negara lainnya yang tergabung dalam IFLA (International Federation Library Association).

Menurut james A Tait dan F Douglas Anderson dalam buku descriptive cataloging : A student introduction to the Anglo American Cataoging Rules 1967 mengatakan bahwa AACR ialah kode peraturan yang berhubungan dengan gambaran buku dan dokumen lainny, dan mencatat semuanya di bawah nama pengarang, atau dalam ketidak hadiran kepengarangan di letakkan di bawah judul. Pihak ALA (American library association) yang bekerja sama dengan LA (persatuan perpustakaan Inggris) mengatakan bahwa AACR merupakan peraturan katalogisasi yang pertama kali.

SEJARAH ISBD ( INTERNATIONAL STANDARD BIBLIOGRAFI DESCRIPTION)

ISBD atau International Standard Bibliographic Description yang merupaka peraturan yang dikeluarkan oleh IFLA ( International Federation Library Association) untuk menggambarkan barbagai bahan perpustakaan dalam konteks sebuah catalog. ISBD ini diterbitkan terpisah untuk menggantikan yang sebelumnya yang digunakan untuk monografs, publikasi monografi yang lebih tua, bahan non-buku, dan dicetak musik.

Salah satu tujuan dari diterbitkannya ISBD adalah untuk menyediakan bentuk standar deskripsi bibliografi yang dapat digunakan untuk bertukar rekaman internasinal.progaram ini akan mendukung IFLA untuk mengontrol bibliographic universal.

ISBD memiliki delapan daerah yang telah ditetapkan. Setiap daerah kecuali area yang tediri dari beberapa elemen. Sebagai contohnya, wilayah satu termasuk judul yang tepat, penetapan materi umum dan infomasi judul lainnya, judul sejajar, dan pernyataan tanggung jawab. Elemen yang daerah-daerah yang tidak berlaku untuk sumber daya tertentu dihilangkan dari standar deskipsi. Standar dan tanda baca (titik dua, titik koma, garis miring, tanda hubung, koma, dan titik) digunakan untuk mengidensifikasi dan memisahkan elemen dan daerah lainnya. Urutan unsure-unsur dan tanda baca standar mempermudah menafsirkan catatan bibliografis ketika salah satu tidak memahami bahasa deskripsi.

1 komentar: